Valuasi Lingkungan di Indonesia: Implikasi pada kebijakan di kehutanan, pertanggung-jawaban hukum dan estimasi kerugian negara

Download options
Download document
Ekosistem tropis menyediakan sumberdaya dan jasa dengan nilai-nilai yang luas dan kompleks untuk masyarakat. Nilai-nilai lingkungan yang beragam ini meliputi nilai guna langsung yang berkaitan dengan sumberdaya alam yang dapat dikelola dan dimanfaatkan (seperti: kayu, mineral dan produk hutan non-kayu), dan nilai guna tak langsung yang berkaitan dengan keragaman hayati dan jasa ekosistem yang penting bagi manusia, (seperti: hal-hal yang berkaitan dengan hidrologi, penyerbukan dan jasa pengaturan iklim, rekreasi dan pariwisata). Alam juga menghasilkan beragam nilai intrinsik dan nilai budaya, agama, serta sejarah yang bersifat nilai non-guna.
Dalam beberapa tahun terakhir, telah berkembang sejumlah upaya untuk menghitung dan menetapkan nilai finansial bagi barang dan jasa pada ekosistem tropis. Upaya ini bertujuan untuk menghasilkan rujukan dalam pengambilan keputusan, dan dalam perhitungan pajak serta skema pembayaran. Nilai-nilai ini juga dapat digunakan untuk menghitung kerugian ketika terjadi kerusakan lingkungan.
Authors: Phelps, J.; Hariyanti, B.; Sinaga, A.C.; Dermawan, A.
Subjects: environment, environmental assessment, values, forest exploitation, forest damage
Publication type: Brief, Publication
Year: 2014

Back to top

Sign up to our monthly newsletter

Connect with us