Sistem bioenergi berkelanjutan untuk memulihkan dan menaikkan nilai lahan terdegradasi

Download options
Download document

Pesan inti

  • Pasokan energi berbasis bahan bakar fosil tidak berkelanjutan; bioenergi merupakan alternatif yang dapat menjawab kebutuhan energi masyarakat di masa depan secara berkelanjutan.
  • Produksi bioenergi merupakan komponen penting untuk masa depan rendah karbon dan aman-energi di sektor penggunaan lahan di banyak negara, termasuk Indonesia.
  • Dalam banyak kasus, penggunaan lahan untuk tanaman penghasil energi mengakibatkan efek merusak -- seperti misalnya meningkatnya kompetisi untuk lahan subur dan air; dan konversi vegetasi asli menjadi monokultur dengan berkurangnya biodiversitas secara cepat dan meningkatnya emisi gas rumah kaca (GRK).
  • groekosistem yang dirancang dengan baik dapat menghasilkan bahan bakar dari tanaman baik yang ditanam di lahan terdegradasi maupun marjinal, yang akan berkontribusi besar pada target bioenergi Indonesia, disamping meminimalisir efek-efek negatif lingkungan dan sosial dan merangsang ekonomi lokal.
  • Penelitian dari Pusat Penelitian Kehutanan Internasional (CIFOR)/ NIFoS (National Institute of Forest Science/Lembaga National Ilmu Kehutanan) tentang bioenergi bertujuan untuk menilai potensi produksi bioenergi di lahan terdegradasi di Indonesia, dan kelayakan dan kekurangannya dari sistem semacam itu, dari sudut pandang ekonomi, lingkungan dan sosial- untuk membantu pengambilan keputusan oleh para pembuat kebijakan dan investor.
Authors: Baral, H.; Lee, S.M.
Subjects: bioenergy, degraded land
Publication type: Brief, Publication
Year: 2016

Back to top

Sign up to our monthly newsletter

Connect with us